Sabtu, 10 April 2010

Apa itu batu Safir


Di bab sebelumnya, telah dibahas tentang korondum, korondum merupakan batuan dengan kekerasan 9 skala mohs, kekerasannya adalah satu level dibawah diamond yang memiliki kekerasan 10 skala mohs.

Namun pada kesempatan ini saya akan membahas tentang apa sih sebenarnya korondum itu??, korondum lebih dikenal di masyarakat dengan nama batu safir. batu ini dikenal sejak zaman kerajaan abad pertengahan, salah satu jenis batu safir yang paling sering dijumpai pada koleksi kerajaan-kerajaan di dunia adalah yang berwarna merah jenuh penuh yang sering disebut sebagai Red Ruby. Syafir yang ditemukan di bumi ini memiliki tampilan warna-warna yang berbeda anatara yang satu dengan yang lain, ada yang berwarna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan yang dipengaruhi oleh "pengotornya" berupa sebagian kecil besi, kromium dan titanium.

Dengan teknologi yang ada sekarang ini, Safir mampu dibuat dengan proses boule kristal, hasil dari kristal safir buatan ini dimanfaatkan untuk membuat kaca anti peluru, kaca pelindung arloji, dan komponen optik infra merah.

Safir yang alami digunakan sebagai perhiasan, karena batu jenis ini sangat langka ditemukan di muka bumi, maka harga batu ini dapat mencapai ratusan juta rupiah. batu safir yang sering untuk perhiasan bagi publik adalah yang berjenis Blue Saphire.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar