Kamis, 08 Oktober 2009

electrum


Electrum, atau yang biasa disebut dengan emas perak alloy, memiliki susunan kimia Au Ag, mendengar dari namanya saja , saya langsung tertarik untuk membahas tentang mineral ini. marilah kita membahas sedikit tentang apa sih electrum, atau emas campuran perak ini??

Electrum, sangat terkenal di dunia sebagai salah satu mineral yang berharga dan banyak dicari orang. elektrum juga dikenal sebagian orang sebagai emas putih, namun ini perbeda dengan platinum (Pt) dan keduanya juga memiliki nilai keekonomisan yang tinggi. elektrum biasanya muncul sebagai campuran emas, perak dan sebagian kecil tercampur oleh tembaga dan sedikit platinum.

Kenapa disebut electrum?? pertanyaan ini muncul ketika saya pertama kali mendengarnya, dalam benak saya langsung tertuju pada listrik (Electric) dan ternyata ada kaitanya antara pemberian nama ini dengan sifat mineralnya, electrum adalah konduktor yang sangat baik, bahkan dapat dikatakan lebih baik daripada tembaga, namun karena tingginya harga, maka electrum sangat jarang dipakai sebagai konduktor karena tidak ekonomis.

Electrum pertama kali digunakan manusia sebagai bahan pembuat koin di daerah Lydia pada tahun 600 sebelum masehi, wah electrum memang sangat kereeeennnzzzz ya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar